Pages

Nov 9, 2011

Memilih jurusan kuliah terbaik


Jurusan kuliah saat ini sangat banyak dan beraneka ragam. Tidak seperti zaman dulu, jenis jurusan hanya sedikit. Indonesia kini memiliki berbagai jurusan yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa. Berikut ini adalah tips memilih jurusan kuliah terbaik:

1. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat 
Pastikan jurusan yang anda pilih sesuai dengan minat dan bakat anda. Jangan asal - asalan memilih jurusan kuliah dengan iming - iming fasilitas yang memadai atau biayanya murah. Daripada memikirkan fasilitas dan masalah biaya murah sebaiknya anda pikirkan apakah jurusan itu anda sukai atau tidak sehingga anda bisa mendapatkan nilai terbaik lewat jurusan tersebut.

2. Setiap jurusan punya prospek kerjaBanyak orang yang merasa ketakutan tidak mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Pemikiran seperti itu harus diubah dengan pertanyaan berikut:Kalau memang tidak ada pekerjaan yang memadai lagi untuk jurusan itu, kenapa universitas masih membuka pendaftaran untuk jurusan itu? Pembukaan suatu jurusan di universitas tentu berdasarkan permintaan dari lapangan pekerjaan. Masalah jurusan mana yang punya gaji lebih tinggi, semua itu tergantung dari individu masing - masing. Semakin terampil individu seseorang, pasti semakin banyak perusahaan yang melirik pekerja tsb.

3. Ikuti tes bakat 
Jika anda masih ragu dalam menentukan jurusan yang anda sukai, ikuti tes - tes bakat yang banyak dilakukan oleh lembaga psikologi. Penentuan tes bakat itu akan menentukan jurusan mana yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Saran - saran dari tes bakat tersebut tidak mutlak 100% harus anda ikuti, tapi setidaknya bisa jadi pertimbangan untuk anda menentukan jurusan yang anda sukai.

No comments:

Post a Comment